TOKO JUAL MESIN CUTTING STICKER HARGA MURAH BERGARANSI
0822-9988-2266 089-8899-7766

Mesin Heat Press Atau Mesin Press Kaos

Description

Mesin press kaos atau mesin heat press menjadi perangkat wajib bagi seorang pengusaha kaos. Bahkan, penggunaan mesin ini tidak bisa lepas, mulai dari proses awal hingga tahap akhir. Misalnya, dipakai untuk memindahkan gambar dari kertas menuju media cetak lain, sarana untuk menempelkan pola ke bahan polyflex, atau bisa pula digunakan untuk menghaluskan hasil sablon.

Di pasaran, Anda pun akan menjumpai beberapa jenis mesin press kaos. Dilihat dari penampilan fisiknya, terdapat tiga jenis mesin press kaos. Berikut ini tiga pilihan model mesin heat press beserta kelebihan dan kekurangannya:

  1. Mesin heat press clamshell

Tipe mesin heat press yang satu ini memiliki bentuk seperti penjepit. Terdapat dua plat yang terletak pada bagian atas dan bawah yang berfungsi menjepit bahan. Cara pemakaiannya mudah, tinggal menaruh media yang dipakai di antara kedua plat. Media tersebut pun beragam. Bisa berupa kaos, polyflex, ataupun kertas transfer.

Kelebihan mesin heat press model clamshell

  • Berukuran ringkas, tidak butuh ruang terlalu besar.
  • Cara pengoperasian yang mudah, cocok untuk pemula.
  • Proses penggunaan yang cepat, sehingga tepat untuk dipakai menyablon kaos dalam jumlah banyak.
  • Tersedia dengan harga yang sangat murah.

Kekurangan mesin heat press model clamshell

  • Berisiko tangan terkena luka bakar akibat mengenai plat pemanas.
  • Kurang cocok untuk digunakan pada jenis kain yang tebal, misalnya seperti hoodie.
  • Area layout yang terbatas.
  • Tingkat presisi tidak sebaik model swing dan draw.
  • Terkadang, tekanan yang diberikan tidak rata.
  1. Mesin heat press swing

Mesin press yang satu ini memiliki posisi plat yang sedikit berbeda dibandingkan dengan tipe clamshell. Pada mesin ini, plat bagian atas bisa digeser hingga 360 derajat.

Kelebihan mesin heat press model swing

  • Bisa bekerja nyaman, tanpa takut terkena panas dari plat di bagian atas.
  • Tingkat presisi lebih baik dibandingkan tipe clamshell.
  • Tekanan yang diberikan merata.

Kekurangan mesin heat press model swing

  • Membutuhkan ruang yang cukup besar.
  • Proses pengoperasian lebih rumit dan lebih lama.
  1. Mesin heat press tipe draw

Berbeda dengan dua model lainnya, mesin press kaos tipe draw didesain dengan plat bagian bawah yang bisa ditarik. Model mesin press kaos yang satu ini bisa pun dibilang memberikan keuntungan dari dua jenis sebelumnya.

Kelebihan mesin heat press model draw

  • Pengoperasian yang aman.
  • Tingkat presisi sangat tinggi.
  • Membutuhkan ruang yang tidak terlalu besar.
  • Proses penyablonan berlangsung dalam waktu singkat.

Kekurangan mesin heat press model draw

  • Kurang cocok saat dipakai menyablon pada bahan kain yang tebal.
  • Membutuhkan ruang lebih besar dibandingkan clamshell.

Selain tiga model tersebut, ada pula tipe lain yang merupakan hasil kombinasi. Namun, harga mesin press yang hadir dengan desain hibrida tersebut tentu saja memiliki banderol jauh lebih mahal dibanding model lain.

Hal Penting yang Harus Diperhatikan saat Membeli Mesin Press Kaos

Setelah mengetahui tipe mesin beserta kelebihan dan kekurangannya, Anda juga harus mengetahui faktor penting lain saat membeli mesin heat press. Terdapat sembilan poin yang harus menjadi pertimbangan Anda, yakni:

  • Harga

Hal pertama yang perlu menjadi pertimbangan adalah harga, apalagi kalau Anda baru memulai bisnis sablon kaos. Model mesin clamshell memiliki tingkat harga yang berbeda dibandingkan draw atau swing.

Selain itu, setiap merek tentu berpengaruh. Produk terkemuka seperti Epson, Mimaki, Roland, ataupun Epson tentunya dipatok dengan harga berbeda dibandingkan merek dari Tiongkok. .

  • Kualitas

Kualitas juga harus menjadi pertimbangan. Terutama pada ketahanan plat pemanas. Biasanya, mesin dengan bobot yang lebih berat memiliki kualitas lebih baik. Alasannya, karena mesin tersebut dibuat dengan material yang lebih baik.

  • Layanan purnajual

Bagi seorang pengusaha, Anda juga harus mempertimbangkan layanan purnajual mesin heat press yang dibeli. Perhatikan garansi yang diberikan. Selain itu, gali informasi mengenai kualitas pelayanan purnajual kepada para pengguna produknya.

  • Plat pemanas

Kualitas plat pemanas bisa Anda ketahui kalau melihat demonstrasi alat secara langsung atau perangkat yang digunakan oleh pengusaha lain. Pastikan plat pada mesin tersebut memiliki panas yang terdistribusi secara merata.

  • Timer digital

Keberadaan timer, terutama timer digital juga bisa menjadi faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Tujuannya, agar proses pemanasan tidak terlalu lama sehingga berisiko kaos terbakar.

  • Kenop pengatur tekanan

Hal ini perlu diketahui kalau Anda tertarik untuk membeli mesin heat press tipe clamshell. Pastikan mesin tersebut dilengkapi dengan kenop yang berfungsi untuk mengatur tekanan yang diberikan pada kain.

Tidak jarang, sebuah mesin press kaos memiliki kenop pengatur tekanan berkualitas buruk. Apalagi, kenop tersebut berdampak besar pada kualitas hasil sablon. Kalau tekanan terlalu kecil, sablon tidak akan bisa menempel dengan bagus pada kain.

  • Temperatur

Plat pemanas pada mesin heat press tidak hanya harus merata. Suhu pada plat tersebut juga harus memiliki temperatur yang stabil. Standarnya, mesin heat press dengan suhu mencapai 180 derajat celcius, bisa menempelkan pola sablon pada kain dengan waktu hanya 10 detik. Namun, hal ini juga bergantung pada jenis kain serta ketebalannya.

  • Ukuran

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah ukuran mesin. Dalam hal ini, ukuran yang dimaksud adalah ukuran plat. Secara umum, ukuran mesin press kaos yang dijual di Indonesia bervariasi, mulai dari 29×38, 31×43, 38×38, 40×46, dan lan-lain.

  • Manual atau digital

Terakhir dan tidak kalah pentingnya adalah, tipe mesin yang dipakai. Kalau Anda ingin mesin yang praktis, bisa memilih menggunakan mesin heat press otomatis. Hanya saja, mesin seperti ini dipatok dengan harga cukup mahal. Berbeda dengan mesin manual yang dapat diperoleh dengan banderol murah.

Lalu, mesin heat press seperti apa yang cocok untuk Anda?

Jawabannya tentu sederhana. Anda harus memilih mesin yang sesuai dengan kebutuhan.

  1. Kalau Anda mencari mesin press yang ditujukan untuk menyablon kaos dalam jumlah banyak, model clamshell adalah jawabannya. Mesin jenis ini bakal memberikan efektivitas kerja yang tinggi.
  2. Kalau menggunakan mesin press untuk sablon dengan pola yang rumit, serta menggunakan angka dan tulisan, mesin tipe swing dan draw menjadi pilihan tepat. Kedua mesin ini menawarkan tingkat presisi tinggi.
  3. Kalau Anda menggunakan proses printing sublimasi, mesin model draw adalah pilihan yang cocok. Apalagi, metode sublimasi membutuhkan tingkat presisi yang sangat tinggi.
  4. Kalau menggunakan mesin printer direct to garment (DTG), tipe clamshell layak untuk dijadikan pilihan. Sebagai tambahan, pilihlah mesin press clamshell yang otomatis. Terutama,karena mesin DTG kerap digunakan untuk produksi dalam skala besar dan butuh efisiensi tinggi.
  5. Kalau mencari mesin press kaos yang murah, pilihan terbaiknya adalah tipe clamshell Karena harganya yang murah itulah, mesin tipe ini pun kerap menjadi pilihan para pebisnis sablon pemula.

Mengetahui jenis dan kualitas mesin press sebelum membeli menjadi hal penting yang harus diperhatikan, apalagi untuk seorang pengusaha. Selamat berbelanja, ya!

Related Products :